Modul Digital P5
Tema: Bhinneka Tunggal Ika
Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa
PERINGATAN!
Halaman ini hanya mendukung perangkat yang lebih lebar. Coba ubah orientasi perangkat Anda menjadi lanscape untuk melihat halaman ini!
Identitas Modul
Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase D
Tahun Pelajaran 2023/2024
Tema : Bhinneka Tunggal Ika
Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa
Penanggung Jawab :
Tasmilah, S.Pd.
Ketua:
Kunarti, S.Pd.
Sekretaris:
Tika Fardina, S.Pd.
Bendahara:
Cicik Rahmawati, S.Pd.
Perencana Projek:
Tim P5
Koordinator Projek :
- Erika Widya R., S.Pd.
- Adhitya Wahyu P., S.Pd.
- Erlina Rahmawati, S.Pd.
Fasilitator Projek :
- Sri Wahyuningsih, S.Pd.
- Drs. Tjahjono Adi Widodo
- Uswatun Khasanah, S.Pd.
- Cicik Rahmawati, S.Pd.
- Yasin Sulton T. M, S.Pd.I.
- Tika Fardina, S.Pd.
- Titiek Juliartiningsih, S.Pd.
- Erika Widya R, S.Pd.
- Raswan, M.SI.
- Adhitya Wahyu P, S.Pd.
- M. Naufal Fawwas B, S.Pd.
- Dhanang Setyo E, S.Pd.
- Ella Rudi S, S.Ak.
- Erlina Rahmawati, S.Pd.
- Miftakhul Annisa, S.Pd.
Diterbitkan Oleh:
SMP Negeri 2 Kabuh
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang
Dsn.Karangdon, Desa Karangpakis, Kec.Kabuh, Kab. Jombang, Prov. Jawa Timur. Kode Pos: 61455
Website: www.smpn2kabuh.sch.id
Deskripsi Projek
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17.001 pulau dengan 38 provinsi. Banyaknya pulau menyebabkan Indonesia kaya akan budaya, dimana setiap pulau dengan provinsinya memiliki masing-masing identitas budaya, seperti suku, agama, rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, lagu derah, bahasa daerah, upacara daerah, senjata tradisonal, alat musik, tempat bersejarah, kesenian daerah, permainan tradisional, makanan dan jajanan tradisional, minuman tradisional, dan kerajinan.
Namun, kekayaan Indonesia akan keragaman budayanya tidak diiringi dengan sikap peduli bangsa Indonesia dalam menjaga dan melestarikannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus pengeklaiman budaya Indonesia oleh negara tetangga, seperti lagu Rasa Sayange yang merupakan lagu daerah Maluku, Reog Ponorogo, Rendang, Tari Pendet, Tari Piring, Tari Tor-Tor, Kuda Lumping, Kopi Gayo, Kopi Toraja, Batik, hingga Pencak Silat.
Sikap kurang pedulinya bangsa terhadap keragaman budaya disebabkan oleh adanya budaya asing yang masuk ke negara kita. Para generasi muda khususnya, mereka sangat menyukai budaya-budaya dari negara lain, seperti Makanan : Khas Jepang (takoyaki, bento, sushi, tempura, dan lain-lain), khas barat (pizza, hot dog, fried chicken, burger, dan lain-lain), timur tengah (roti maryam, kebab, dan lain-lain); Seni bela diri: Karate, taekwondo, dan kapoeira; Film dan drama: Film Hollywood, Film Bollywood (film India), drama Korea, film Jepang, dan anime (kartun Jepang); Seni tari dan musik: Tarian dan musik Korea, musik Jepang, tarian dan musik barat, dan lain-lain; Pakaian: Pakaian barat (celana jeans, jas, dan lain-lain) dan korean style; Lain-lain: Manga (komik Jepang), komik barat, buku-buku asing, dan lain-lain.
Oleh karena itu, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap keragaman budaya Indonesia pada generasi muda khususnya peserta didik SMP Negeri 2 Kabuh, kami melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” yang berfokus pada 3 dimensi, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif.
Tujuan dari modul P5 adalah untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan terhadap keberagaman budaya khususnya pakaian adat dan tarian daerah, dimana diharapkan peserta didik mampu melestarikan pakaian adat dan tarian daerah dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk poster mencintai keragaman budaya, membuat pakaian adat, dan menarikan tarian daerah di Indonesia.
Tujuan, Alur dan Target Pencapaian Projek
Tujuan
Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” yang berfokus pada 3 dimensi, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif bertujuan untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan terhadap keberagaman budaya khususnya pakaian adat dan tarian daerah, dimana diharapkan peserta didik mampu melestarikan pakaian adat dan tarian daerah dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk poster mencintai keragaman budaya, membuat pakaian adat, dan menarikan tarian daerah di Indonesia.
Alur
TARGET PENCAPAIAN PROJEK
Melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” diharapkan peserta didik dapat mengembangkan 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif.
Tahapan Projek
Aktivitas Pengenalan | |||
---|---|---|---|
Aktivitas A1 Pengenalan kegiatan P5 | Aktivitas A2 Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia | Aktivitas A3 Pengenalan Pakaian Adat | Aktivitas A4 Pengenalan Tarian Daerah |
Asesmen formatif 2 | Asesmen formatif 3 | Asesmen formatif 4 |
Aktivitas Kontekstualisasi | |||
---|---|---|---|
Aktivitas B1 Menelusuri masalah keragaman budaya di Indonesia | Aktivitas B2 Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda | Aktivitas B3 Analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adat | Aktivitas B4 Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah |
Asesmen formatif 1 | Asesmen formatif 2 | Asesmen formatif 3 | Asesmen formatif 4 |
Aktivitas Aksi | ||
---|---|---|
Aktivitas C1 Membuat Poster Kebhinekaan Budaya | Aktivitas C2 Membuat Pakaian Adat | Aktivitas C3 Melestarikan Tarian Daerah |
Asesmen Sumatif 1 | Asesmen Sumatif 2 | Asesmen Sumatif 3 |
Aktivitas Refleksi dan Evaluasi | ||
---|---|---|
Aktivitas D1 Gelar Karya | Aktivitas D2 Penyusunan Laporan | Aktivitas D3 Refleksi, Evaluasi Pelaksanaan Projek, dan Tindak Lanjut |
Dimensi, Elemen, dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila
Dimensi profil pelajar pancasila | Elemen | Sub elemen | Target Pencapaian di Akhir Fase D | Aktivitas Terkait |
---|---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. | Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. | B1, C2, C3 |
Integritas | Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memaham konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain | B1, B2, B3, B4 | ||
Berkebinekaan global | Mengenal dan menghargai budaya | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial. | A2, A3, A4, B1,B3 |
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari. | C1, C2, C3 | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain | C1, C2, C3 |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. | Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. | Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan. | B4 |
Kerangka Pengalaman Belajar dan Pembagian Jam Pelajaran Projek Bhinneka Tunggal Ika
No. | Aktivitas Ke- | Aktivitas | Penjelasan | Tujuan | JP |
---|---|---|---|---|---|
1. | Aktivitas A1 | Menjelaskan pemahaman tentang pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) | Memahami pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) | Mengekplorasi keragaman budaya di Indonesia. | 2 JP |
2. | Aktivitas A2 | Pengenalan Keberagaman Budaya di Indonesia | Mengenalkan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia | Mengekplorasi keragaman budaya di Indonesia. | 4 JP |
3. | Aktivitas A3 | Pengenalan Pakaian Adat di Indonesia | Mengenalkan berbagai macam pakaian adat yang ada di Indonesia serta menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adat | Mengekplorasi pengetahuan tentang pakaian adat di Indonesia, dan menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adat | 2 JP |
4. | Aktivitas A4 | Pengenalan Tarian Daerah di Indonesia | Mengenalkan berbagai macam tarian daerah yang ada di Indonesia | Mengenal dan mengetahui keragaman tarian Dareah di Indonesia | 2 JP |
5. | Aktivitas B1 | Menelusuri Masalah Keragaman Budaya di Indonesia | Menelaah masalah keragaman budaya yang terjadi di Indonesia | Memahami dan mengatasi keragaman budaya di Indonesia | 8 JP |
6. | Aktivitas B2 | Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda | Menganalisis faktor penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan menemukan solusi dalam menumbuhkan kembali budaya dalam jiwa remaja serta melestarikan budaya yang ada. | Menganalisis penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan mampu memberikan pendapat yang dapat di realisasikan dalam menumbuhkan kembali bahkan melestarikan budaya di kalamgan remaja | 8 JP |
7. | Aktivitas B3 | Analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adat | Menganalisis faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adat | Mengidentifikasi faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adat | 8 JP |
8. | Aktivitas B4 | Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah | Menganalisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan upaya meningkatkan minat tarian daerah. | Menganalisis penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan upaya meningkatkan minat tarian daerah. | 8 JP |
9. | Aktivitas C1 | Membuat poster kebhinekaan budaya | Menentukan tema, menyusun kalimat poster, mendesign gambar poster dan membuat poster dengan canva | Menentukan tema, menyusun kalimat, dan mendesign gambar poster serta membuat poster dengan memanfaatkan Canva. | 10 JP |
10. | Aktivitas C2 | Membuat pakaian adat | Menentukkan pakaian adat daerah, membuat desain pakaian adat beserta aksesorisnya, dan membuat pakaiannya. | Menentukkan bahan dan membuat pakaian adat sendiri dengan bahan sederhana dan hasil yang bagus dan memuaskan | 24 JP |
11. | Aktivitas C3 | Melestarikan tarian daerah | Menentukan tarian daerah yang akan ditarikan, berlatih menari, dan membuat video tarian tersebut serta dipublikasikan ke akun media sosial. | Melestarikan tarian daerah yang ada di Indonesia dengan menentukan tarian daerah yang akan ditampilkan; Menghargai perbedaan pendapat dalam menentukan tarian daerah yang akan ditampilkan; membuat, mengedit video dan mempublikasikan hasil video ke akun media sosial | 34 JP |
12. | Aktivitas D1 | Gelar Karya | Menyiapkan sarana dan prasarana untuk gelar karya, dan pelaksanaan gelar karya dengan menampilkan hasil kegiatan P5 | Mengapresiasi dan memfasilitasi peserta didik untuk menampilkan hasil karya selama tahapan aksi. | 15 JP |
13. | Aktivitas D2 | Penyusunan Laporan | Membuat laporan kegiatan P5 dari tahap pengenalan hingga tahap aksi. | Melatih peserta didik membuat laporan kegiatan P5 | 8 JP |
14. | Aktivitas D4 | Refleksi, Evaluasi Pelaksanaan Projek, dan Tindak Lanjut | Menyampaikan pengalaman belajar selama kegiatan P5, melakukan evaluasi kegiatan, dan menyususn tindak lanjut. | Menyadari inti pembelajaran dan perubahan diri setelah seluruh aktivitas projek selesai. | 8 JP |
Total | 141 JP |
Aktivitas A1.
Apakah Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Dimensi
–
Elemen
–
Sub elemen
–
Tujuan
Peserta didik mampu memahami pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Sumber
Materi tentang pengenalan P5 :
- Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
- Channel Youtube KEMDIKBUD RI
- Channel Youtube Cerdas Berkarakter KEMDIKBUD RI
Persiapan
- Guru menyiapkan video
- Guru menyiapkan materi.
Pelaksanaan
- Guru menampilkan materi tentang pengertian, tujuan P5 dan gambaran umum P5.
- Guru menampilkan video” Lagu Profil Pelajar Pancasila” dan meminta siswa untuk menemukan dimensi / karakter apa yang di harapkan berkembang pada pelajar Indonesia dari lagu tersebut.
- Siswa menyampaikan hasil temuannya.
- Guru Bersama siswa menyimpulkan bersama.
- Guru menyampaikan materi 6 dimensi profil pelajar Pancasila.
- Guru meminta siswa menyimak dan menemukan makna harapan dari profil pelajar Pancasila melalui lagu video lagu “Profil Pelajar Pancasila”.
- Siswa menyampaikan hasil temuannya.
- Guru bersama siswa menyimpulkan harapan dari profil pelajar Pancasila.
- Guru meminta siswa untuk menghafalkan 6 dimensi profil pelajar Pancasila melalui lagu “6 dimensi profil pelajar Pancasila”.
- Siswa menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila disertai dengan gerakan.
- Guru Menjelaskan secara umum kegiatan P5 yang akan di laksanakan sekarang dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Aktivitas A2.
Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia
(Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia)
Dimensi
Berkebhinekaan Global
Elemen
Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Tujuan
Peserta didik mampu mengeksplorasi keragaman budaya di Indonesia.
Sumber
Materi tentang keragaman budaya Indonesia:
- Keragaman budaya di Indonesia, dan contoh budaya.
- Video “Keragaman Budaya Indonesia”.
- Kuis interaktif tebak gambar “Kekayaan Budayaku”.
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
- Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.
Pelaksanaan
- Peserta didik bersama guru mengidentifikasi budaya yang ada di nIdonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Siapa yang tahu macam-macam budaya yang kita miliki?
- Sebutkan apa saja budaya yang kita miliki?
- Peserta didik memperhatikan penjelasan materi keragaman budaya Indonesia.
- Peserta didik menonton video “Keragaman Budaya Indonesia”.
- Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
- Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
- Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan beragam budaya yang ada di Indonesia.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | |||
Berkebhinekaan Global | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia | Peserta didik belum mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia | Peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia |
Peserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik belum mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik sangat mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | ||
Peserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik belum mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia |
No. | Rentang Nilai | Kriteria |
---|---|---|
1. | 12 — 11 | Sangat Berkembang (SH) |
2. | 10 — 9 | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) |
3. | 8 — 7 | Sedang Berkembang (SB) |
4. | 6 — 4 | Mulai Berkembang (MB) |
Aktivitas A3.
Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia
(Pengenalan Pakaian Adat)
Dimensi
Berkebhinekaan Global
Elemen
Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
- Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
Tujuan
- Peserta didik mampu mengekplorasi pengetahuan tentang pakaian adat di Indonesia.
- Peserta didik mampu menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adat
Sumber
Materi tentang pakaian adat di Indonesia:
- Pakaian adat di Indonesia.
- Video youtube “Pakaian Adat di Indonesia”.
- Kuis interaktif tebak gambar “Cantiknya Pakaian Adatku”.
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
- Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.
PELAKSANAAN
- Peserta didik bersama guru mengeksplorasi pakaian adat yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Siapa yang suka memakai pakaian adat?
- Pakaian adat apa yang pernah kalian pakai
- Dari manakah asal pakaian adat yang pernah kalian pakai?
- Peserta didik memperhatikan penjelasan materi pakaian adat di Indonesia.
- Peserta didik menonton video “Pakaian Adat di Indonesia”.
- Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
- Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
- Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan macam-macam pakaian adat yang ada di Indonesia.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | |||
Berkebhinekaan Global | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Peserta didik mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik belum mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia |
Peserta didik mampu menebak gambar pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik belum mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | Peserta didik sangat mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia | ||
Peserta didik mampu menyimpulkan materi pakaian adat yang ada di Indonesia | Peserta didik belum mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia | ||
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain. | Peserta didik belum mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain. | Peserta didik cukup mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain. | Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain. | Peserta didik sangat mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain. |
No. | Rentang Nilai | Kriteria |
---|---|---|
1. | 16 — 14 | Sangat Berkembang (SH) |
2. | 13 — 11 | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) |
3. | 10 — 8 | Sedang Berkembang (SB) |
4. | 7 — 4 | Mulai Berkembang (MB) |
Aktivitas A4.
Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia
(Pengenalan Tarian Adat)
Dimensi
Berkebhinekaan Global
Elemen
Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Tujuan
Peserta didik mampu mengenal dan mengetahui keragaman tarian Dareah di Indonesia.
Sumber
Materi tentang Tarian Daerah di Indonesia:
- Keragaman tarian daerah di Indonesia, dan contoh tarian daerah.
- Video youtube “Tarian Daerah di Indonesia”.
- Kuis interaktif tebak gambar “tarian daerah di indonesia”.
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
- Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.
PELAKSANAAN
- Peserta didik bersama guru mengidentifikasi tarian daerah yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Siapa yang tahu macam-macam tarian daerah yang ada di Indonesia?
- Sebutkan tarian daerah yang ada di Indonesia dan berasal dari daerah mana?
- Peserta didik menonton video “tarian daerah ”.
- Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
- Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
- Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
Berkebhinekaan Global | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Peserta didik mampu menyebutkan macam macam tarian daerah di Indonesia | Peserta didik belum mampu menyebutkan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyebutkan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia | Peserta didik mampu menyebutkan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia |
Peserta didik mampu menebak gambar Tarian daerah di Indonesia | Peserta didik belum mampu menebak gambar Tarian daerah di Indonesia | Peserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman Tarian daerah di Indonesia | Peserta didik mampu menebak gambar Tarian daerah di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menebak gambar Tarian daerah di Indonesia | ||
Peserta didik mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah | Peserta didik belum mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah | Peserta didik cukup mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah | Peserta didik mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah |
Aktivitas B1.
Menelusuri Masalah Keragaman Budaya di Indonesia
Dimensi
- Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
- Berkebhinekaan Global
Elemen
- Akhlak kepada manusia
- Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
- Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Tujuan
Peserta didik mampu memahahi dan mengatasi keragaman budaya di Indonesia
Sumber
Materi tentang keragaman budaya Indonesia:
- Masalah Keragaman Budaya Indonesia dan Upaya Penyelesaiannya.
- Contoh Video “Masalah Keragaman Budaya Indonesia dan Penyelesaiannya
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
PELAKSANAAN
- Peserta didik diberi pertanyaan pemantik
- Jelaskan pengertian tentang keragaman budaya ?
- Sebutkan macam-macam keragaman budaya yang ada di Indonesia?
- Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru mengenai materi keragaman budaya Indonesia disertai contoh kasus yang pernah terjadi dan penyelesaiannya,
- Guru memberikan pertanyaan pada peserta didik tentang materi yang telah disampaikan:
- Apa dampak adanya keberagaman budaya di Indonesia?
- Apa manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia?
- Peserta didik beserta guru membuat kelompok (4 anak perkelompok) untuk berdiskusi tentang contoh masalah keragaman budaya di Indonesia/ dilingkungan tempat tinggal beserta upaya penyelesaiannya
- Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok yang dituangkan dalam lembar refleksi
- Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam berbagai bentuk karya
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan | Peserta didik mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik belum mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik cukup mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman budaya di Indonesia |
Berkebhinekaan Global | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Peserta didik mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam mengatasi keragaman budaya yang ada di Indonesia. | Peserta didik belum mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam mengatasi keragaman budaya yang ada di Indonesia. | Peserta didik cukup mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam mengatasi keragaman budaya yang ada di Indonesia. | Peserta didik mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam mengatasi keragaman budaya yang ada di Indonesia.. |
Peserta didik mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik belum mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik cukup mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di Indonesia | Peserta didik mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di Indonesia |
Aktivitas B2.
Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda
Dimensi
- Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
- Berkebhinekaan Global
Elemen
- Akhlak kepada manusia
- Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
- Integritas
- Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
Tujuan
Peserta didik mampu menganalisis penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan mampu memberikan pendapat yang dapat di realisasikan dalam menumbuhkan kembali bahkan melestarikan budaya di kalamgan remaja.
Sumber
Materi tentang (Powerpoint) Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda:
- Materi Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda.
- Video youtube “Keragaman Budaya Indonesia”
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
PELAKSANAAN
- Guru memberikan pertanyaan pemantik :
- Bagaimana kondisi remaja saat ini terhadap budaya nasional? Sangat melekat atau bahkan tidak mengetahui?
- Peserta didik bersama guru mencermati materi tentang lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda.
- Peserta didik menonton video “penyebab lunturnya budaya nasional”.
- Secara berkelompok (4 orang 1 kelompok) Pe secara berkelompok (4 orang 1 kelompok) serta didik secara berkelompok (1 kelompok terdiri atas 4 siswa) di minta untuk menjawab pertanyaan berikut :
- Bagaimana kondisi umum rasa cinta budaya nasional pada remaja saat ini?
- Gejala apa yang menunjukkanya?
- Jelaskan penyebab terjadinya hal tersebut!
- Bagaimana cara/upaya yang dapat kalian berikan untuk semua orang agar tidak tidak lagi terjadi lunturnya budaya nasional dalam jiwa remaja?
- Apakah kegiatan yang nyata bisa kalian lakukan untuk melestarikan budaya nasional?
- Peserta didik membuat karya untuk dipresentasikan dari hasil seluruh jawabannya.
- Secara bergantian setiap kelompok melakukan presentasi dan tanya jawab bergantian.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia | Integritas | Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain terkait lunturnya budaya Indonesia | Peserta didik belum mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya Indonesia | Peserta didik cukup mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya Indonesia | Peserta didik mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya Indonesia |
Berkebinekaan global | Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari. | Peserta didik belum mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesia | Peserta didik cukup mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesia | Peserta didik mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesia |
Aktivitas B3.
Analisis Acuhnya Generasi Muda terhadap Pakaian Adat
Dimensi
Berkebhinekaan Global
Elemen
Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Tujuan
Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adat.
Sumber
Materi tentang analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adat:
- Faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat.
- Perbedaan “Etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat”
- Cara Melestarikan Pakaian Adat.
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan Video.
- Guru menyiapkan Materi dan LKPD
PELAKSANAAN
- Peserta didik bersama guru menganalisis acuhnya generasi pemuda terhadap pakaian adat. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Apakah kalian pernah mengetahui dan mengenal jenis pakaian adat?
- Apakah kalian pernah mengetahui dan mengenal jenis pakaian trend gaul yang dipakai remaja pemuda jaman sekarang?
- Peserta didik menyimak tayangan video tentang jenis-jenis pakaian adat &
- Peserta didik menyimak tayangan video tentang Pawai pakaian adat
- Peserta didik menyimak tayangan video tentang model pakaian trend anak muda.
- Peserta didik secara berkelompok menjelaskan menyebab generasi muda tidak tertarik pakaian adat.
- Peserta didik secara berkelompok menjelaskan perbedaan etika pakaian trend anak muda dengan pakaian gaul .
- Peserta didik secara berkelompok menjelaskan cara melestarikan pakaian adat
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Rubrik Penilaian
Dimensi | Sub elemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
Berkebhinekaan Global | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Peserta didik mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adat | Peserta didik belum mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adat | Peserta didik cukup mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adat | Peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia | Peserta didik sangat mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia |
Peserta didik mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat | Peserta didik belum mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat | Peserta didik cukup mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat | Peserta didik mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat | Peserta didik sangat mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat | ||
Peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat | Peserta didik belum mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat | Peserta didik cukup mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat | Peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat | Peserta didik sangat mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat |
Aktivitas B4.
Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah
Dimensi
Kreatif
Elemen
Memiliki Keluwesan Berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Sub elemen
Memiliki Keluwesan Berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Tujuan
Peserta didik mampu menganalisis penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan Upaya meningkatkan minat tarian daerah.
Sumber
Materi tentang keragaman budaya Indonesia:
- Minat generasi muda terhadap tarian daerah.
- Video youtube “minat generasi muda pada tarian daerah”.
- LKPD analisis kurang minat tarian daerah
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
- Guru menyiapkan LKPD
PELAKSANAAN
- Peserta didik bersama guru mengidentifikasi tarian yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Siapa yang tahu tarian daerah ?
- Coba sebutkan tarian daerah yang kalian ketahui?
- Kalian menyukai tarian apa?
- Peserta didik memperhatikan penjelasan terkait kurang minat dari tarian daerah pada generasi muda
- Peserta didik menganalisis penyebab kurang minat dan tidaknya terhadap tarian daerah serta upaya penyelesaiannya.
- Guru membagi peserta didik menjadi 7 kelompok
- Peserta didik berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk menemukan penyebab kurang minat dan tidaknya terhadap tarian daerah serta upaya penyelesaiannya.
- Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompoknya dalam presentasidengan berbagai model seperti, power point, kertas manila, atau video animasi.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
- Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Rubrik Penilaian
Dimensi | Subelemen | Indikator | Mulai Berkembang (MB) | Sedang Berkembang (SB) | Berkembang Sesuai Harapan (BSH) | Sangat Berkembang (SH) |
---|---|---|---|---|---|---|
Kreatif | Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | Peserta didik mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah | Peserta didik belum mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah | Peserta didik cukup mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah | Peserta didik mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah | Peserta didik sangat mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah |
Peserta didik mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda | Peserta didik belum mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda | Peserta didik cukup mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda | Peserta didik mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda | Peserta didik sangat mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda | ||
Peserta didik mampu menyimpulkan hasil analisis | Peserta didik belum mampu menyimpulkan hasil analisis | Peserta didik cukup mampu menyimpulkan hasil analisis | Peserta didik mampu menyimpulkan hasil analisis | Peserta didik sangat mampu menyimpulkan hasil analisis |
Aktivitas C1-C3.
Membuat Poster Kebhinekaan Budaya
(Menentukan tema, Menyusun kalimat poster, dan Mendesain gambar poster)
Dimensi
Kreatif
Elemen
- Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
- Mengenal dan menghargai budaya
Sub elemen
- Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
- Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
Tujuan
Peserta didik mampu menentukan tema, menyusun kalimat, dan mendesign gambar poster
Sumber
Materi tentang mendesign gambar poster
- Cara menentukan tema poster
- Cara menyusun kalimat untuk pembuatan poster
- Cara untuk mendesign gambar poster
Persiapan
- Guru menyiapkan materi.
- Guru menyiapkan video.
- Guru menyiapkan LK untuk membuat rancangan design poster yang akan dibuat pada aplikasi canva
PELAKSANAAN
- Peserta didik Bersama guru membentuk kelompok masing-masing kelompok terdiri atas 2 siswa. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Siapa yang tau apa itu poster?
- Apakah manfaat ditempelkanya poster?
- Dimanakah biasanya poster ditempelkan?
- Peserta didik menyimak materi tentang pengertian, tujuan, ciri dan syarat poster. ( Pengertian Poster dan Contohnya – YouTube )
- Berdiskusi bersama anggota satu kelompoknya untuk sepakat menentukan tema poster yang akan dibuat, kalimat, gambar dan konsep yang akan dituangkan dalam poster. (hasil diskusi tertulis).
- Selanjutnya dikonfirmasikan ke guru pembimbing (hasil bimbingan diskusi).
Kriteria Penilaian
Dimensi | Sub elemen | Indikator | Belum Memadai | Sudah Memadai |
---|---|---|---|---|
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | Peserta didik mampu menentukan tema poster sesuai dengan topik keragaman budaya | ||
Peserta didik mampu menyusun kalimat poster sesuai dengan topik atau konsep | ||||
Peserta didik mampu menggunakan bahasa yang menarik | ||||
Peserta didik mampu merancang desain poster yang pesannya mudah ditangkap oleh pembaca | ||||
Keterangan: Peserta didik dianggap telah mencapai tujuan pembelajaran apabila telah menguasai dua dari empat kriteria dengan tepat. |