Skip to content

Modul Digital P5

Tema: Bhinneka Tunggal Ika

Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa

 

PERINGATAN!

Halaman ini hanya mendukung perangkat yang lebih lebar. Coba ubah orientasi perangkat Anda menjadi lanscape untuk melihat halaman ini!

Identitas Modul

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase D
Tahun Pelajaran 2023/2024
Tema : Bhinneka Tunggal Ika
Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa

Penanggung Jawab :

Tasmilah, S.Pd.

Ketua:

Kunarti, S.Pd.

Sekretaris:

Tika Fardina, S.Pd.

Bendahara:

Cicik Rahmawati, S.Pd.

Perencana Projek:

Tim P5

Koordinator Projek :

  1. Erika Widya R., S.Pd.
  2. Adhitya Wahyu P., S.Pd.
  3. Erlina Rahmawati, S.Pd.

Fasilitator Projek :

  1. Sri Wahyuningsih, S.Pd.
  2. Drs. Tjahjono Adi Widodo
  3. Uswatun Khasanah, S.Pd.
  4. Cicik Rahmawati, S.Pd.
  5. Yasin Sulton T. M, S.Pd.I.
  6. Tika Fardina, S.Pd.
  7. Titiek Juliartiningsih, S.Pd.
  8. Erika Widya R, S.Pd.
  9. Raswan, M.SI.
  10. Adhitya Wahyu P, S.Pd.
  11. M. Naufal Fawwas B, S.Pd.
  12. Dhanang Setyo E, S.Pd.
  13. Ella Rudi S, S.Ak.
  14. Erlina Rahmawati, S.Pd.
  15. Miftakhul Annisa, S.Pd.

Diterbitkan Oleh:

SMP Negeri 2 Kabuh

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang

Dsn.Karangdon, Desa Karangpakis, Kec.Kabuh, Kab. Jombang, Prov. Jawa Timur. Kode Pos: 61455

Website: www.smpn2kabuh.sch.id

Deskripsi Projek

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17.001 pulau dengan 38 provinsi. Banyaknya pulau menyebabkan Indonesia kaya akan budaya, dimana setiap pulau dengan provinsinya memiliki masing-masing identitas budaya, seperti suku, agama, rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, lagu derah, bahasa daerah, upacara daerah, senjata tradisonal, alat musik, tempat bersejarah, kesenian daerah, permainan tradisional, makanan dan jajanan tradisional, minuman tradisional, dan kerajinan.

Namun, kekayaan Indonesia akan keragaman budayanya tidak diiringi dengan sikap peduli bangsa Indonesia dalam menjaga dan melestarikannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus pengeklaiman budaya Indonesia oleh negara tetangga, seperti lagu Rasa Sayange yang merupakan lagu daerah Maluku, Reog Ponorogo, Rendang, Tari Pendet, Tari Piring, Tari Tor-Tor, Kuda Lumping, Kopi Gayo, Kopi Toraja, Batik, hingga Pencak Silat.

Sikap kurang pedulinya bangsa terhadap keragaman budaya disebabkan oleh adanya budaya asing yang masuk ke negara kita. Para generasi muda khususnya, mereka sangat menyukai budaya-budaya dari negara lain, seperti Makanan : Khas Jepang (takoyaki, bento, sushi, tempura, dan lain-lain), khas barat (pizza, hot dog, fried chicken, burger, dan lain-lain), timur tengah (roti maryam, kebab, dan lain-lain); Seni bela diri: Karate, taekwondo, dan kapoeira; Film dan drama: Film Hollywood, Film Bollywood (film India), drama Korea, film Jepang, dan anime (kartun Jepang); Seni tari dan musik: Tarian dan musik Korea, musik Jepang, tarian dan musik barat, dan lain-lain; Pakaian: Pakaian barat (celana jeans, jas, dan lain-lain) dan korean style; Lain-lain: Manga (komik Jepang), komik barat, buku-buku asing, dan lain-lain.

Oleh karena itu, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap keragaman budaya Indonesia pada generasi muda khususnya peserta didik SMP Negeri 2 Kabuh, kami melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” yang berfokus pada 3 dimensi, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif.

Tujuan dari modul P5 adalah untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan terhadap keberagaman budaya khususnya pakaian adat dan tarian daerah, dimana diharapkan peserta didik mampu melestarikan pakaian adat dan tarian daerah dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk poster mencintai keragaman budaya, membuat pakaian adat, dan menarikan tarian daerah di Indonesia.

Tujuan, Alur dan Target Pencapaian Projek

Tujuan

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” yang berfokus pada 3 dimensi, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif bertujuan untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan terhadap keberagaman budaya khususnya pakaian adat dan tarian daerah, dimana diharapkan peserta didik mampu melestarikan pakaian adat dan tarian daerah dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk poster mencintai keragaman budaya, membuat pakaian adat, dan menarikan tarian daerah di Indonesia.

Alur

 

TARGET PENCAPAIAN PROJEK

Melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” serta mengangkat topik “Aku Muda, Pelestari Budaya Bangsa” diharapkan peserta didik dapat mengembangkan 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, dan Kreatif.

Tahapan Projek

Aktivitas Pengenalan

Aktivitas A1

Pengenalan kegiatan P5

Aktivitas A2

Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia

Aktivitas A3

Pengenalan Pakaian Adat

Aktivitas A4

Pengenalan Tarian Daerah

Asesmen formatif 2Asesmen formatif 3Asesmen formatif 4


Aktivitas Kontekstualisasi

Aktivitas B1

Menelusuri masalah keragaman budaya di Indonesia

Aktivitas B2

Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda

Aktivitas B3

Analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adat

Aktivitas B4

Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah

Asesmen formatif 1Asesmen formatif 2Asesmen formatif 3Asesmen formatif 4


Aktivitas Aksi

Aktivitas C1

Membuat Poster Kebhinekaan Budaya

Aktivitas C2

Membuat Pakaian Adat

Aktivitas C3

Melestarikan Tarian Daerah

Asesmen Sumatif 1Asesmen Sumatif 2Asesmen Sumatif 3


Aktivitas Refleksi dan Evaluasi

Aktivitas D1

Gelar Karya

Aktivitas D2

Penyusunan Laporan

Aktivitas D3

Refleksi, Evaluasi Pelaksanaan Projek, dan Tindak Lanjut

Dimensi, Elemen, dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila

Dimensi profil pelajar pancasilaElemenSub elemenTarget Pencapaian di Akhir Fase DAktivitas Terkait
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak MuliaAkhlak kepada manusiaMengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan.B1, C2, C3
IntegritasBerani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memaham konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lainB1, B2, B3, B4
Berkebinekaan globalMengenal dan menghargai budayaMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaMemahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.A2, A3, A4, B1,B3
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budayaMemahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.C1, C2, C3
KreatifMenghasilkan karya dan tindakan yang orisinalMenghasilkan karya dan tindakan yang orisinalMengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lainC1, C2, C3
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan.B4
 

Kerangka Pengalaman Belajar dan Pembagian Jam Pelajaran Projek Bhinneka Tunggal Ika

No.Aktivitas Ke-AktivitasPenjelasanTujuanJP
1.Aktivitas A1Menjelaskan pemahaman tentang pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Memahami pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Mengekplorasi keragaman budaya di Indonesia.2 JP
2.Aktivitas A2Pengenalan Keberagaman Budaya di IndonesiaMengenalkan berbagai macam budaya yang ada di IndonesiaMengekplorasi keragaman budaya di Indonesia.4 JP
3.Aktivitas A3Pengenalan Pakaian Adat di IndonesiaMengenalkan berbagai macam pakaian adat yang ada di Indonesia serta menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adatMengekplorasi pengetahuan tentang pakaian adat di Indonesia, dan menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adat2 JP
4.Aktivitas A4Pengenalan Tarian Daerah di IndonesiaMengenalkan berbagai macam tarian daerah yang ada di IndonesiaMengenal dan mengetahui keragaman tarian Dareah di Indonesia2 JP
5.Aktivitas B1Menelusuri Masalah Keragaman Budaya di IndonesiaMenelaah masalah keragaman budaya yang terjadi di IndonesiaMemahami dan mengatasi keragaman budaya di Indonesia8 JP
6.Aktivitas B2Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi mudaMenganalisis faktor penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan menemukan solusi dalam menumbuhkan kembali budaya dalam jiwa remaja serta melestarikan budaya yang ada.Menganalisis penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan mampu memberikan pendapat yang dapat di realisasikan dalam menumbuhkan kembali bahkan melestarikan budaya di kalamgan remaja8 JP
7.Aktivitas B3Analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adatMenganalisis faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adatMengidentifikasi faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adat8 JP
8.Aktivitas B4Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerahMenganalisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan upaya meningkatkan minat tarian daerah.Menganalisis penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan upaya meningkatkan minat tarian daerah.8 JP
9.Aktivitas C1Membuat poster kebhinekaan budayaMenentukan tema, menyusun kalimat poster, mendesign gambar poster dan membuat poster dengan canvaMenentukan tema, menyusun kalimat, dan mendesign gambar poster serta membuat poster dengan memanfaatkan Canva.10 JP
10.Aktivitas C2Membuat pakaian adatMenentukkan pakaian adat daerah, membuat desain pakaian adat beserta aksesorisnya, dan membuat pakaiannya.Menentukkan bahan dan membuat pakaian adat sendiri dengan bahan sederhana dan hasil yang bagus dan memuaskan24 JP
11.Aktivitas C3Melestarikan tarian daerahMenentukan tarian daerah yang akan ditarikan, berlatih menari, dan membuat video tarian tersebut serta dipublikasikan ke akun media sosial.Melestarikan tarian daerah yang ada di Indonesia dengan menentukan tarian daerah yang akan ditampilkan; Menghargai perbedaan pendapat dalam menentukan tarian daerah yang akan ditampilkan; membuat, mengedit video dan mempublikasikan hasil video ke akun media sosial34 JP
12.Aktivitas D1Gelar KaryaMenyiapkan sarana dan prasarana untuk gelar karya, dan pelaksanaan gelar karya dengan menampilkan hasil kegiatan P5Mengapresiasi dan memfasilitasi peserta didik untuk menampilkan hasil karya selama tahapan aksi.15 JP
13.Aktivitas D2Penyusunan LaporanMembuat laporan kegiatan P5 dari tahap pengenalan hingga tahap aksi.Melatih peserta didik membuat laporan kegiatan P58 JP
14.Aktivitas D4Refleksi, Evaluasi Pelaksanaan Projek, dan Tindak LanjutMenyampaikan pengalaman belajar selama kegiatan P5, melakukan evaluasi kegiatan, dan menyususn tindak lanjut.Menyadari inti pembelajaran dan perubahan diri setelah seluruh aktivitas projek selesai.8 JP
Total141 JP

Aktivitas A1.

Apakah Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Dimensi

Elemen

Sub elemen

Tujuan

Peserta didik mampu memahami pengertian dan tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Sumber

Materi tentang pengenalan P5 :

  1. Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Channel Youtube KEMDIKBUD RI
  3. Channel Youtube Cerdas Berkarakter KEMDIKBUD RI

Persiapan

  1. Guru menyiapkan video
  2. Guru menyiapkan materi.

Pelaksanaan

  1. Guru menampilkan materi tentang pengertian, tujuan P5 dan gambaran umum P5.
  2. Guru menampilkan video” Lagu Profil Pelajar Pancasila” dan meminta siswa untuk menemukan dimensi / karakter apa yang di harapkan berkembang pada pelajar Indonesia dari lagu tersebut.
  3. Siswa menyampaikan hasil temuannya.
  4. Guru Bersama siswa menyimpulkan bersama.
  5. Guru menyampaikan materi 6 dimensi profil pelajar Pancasila.
  6. Guru meminta siswa menyimak dan menemukan makna harapan dari profil pelajar Pancasila melalui lagu video lagu “Profil Pelajar Pancasila”.
  7. Siswa menyampaikan hasil temuannya.
  8. Guru bersama siswa menyimpulkan harapan dari profil pelajar Pancasila.
  9. Guru meminta siswa untuk menghafalkan 6 dimensi profil pelajar Pancasila melalui lagu “6 dimensi profil pelajar Pancasila”.
  10. Siswa menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila disertai dengan gerakan.
  11. Guru Menjelaskan secara umum kegiatan P5 yang akan di laksanakan sekarang dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.
  12. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Materi Pengenalan P5
Lagu Profil Pelajar Pancasila
Lagu Profil Pelajar Pancasila
Lagu dan Gerakan Profil Pelajar Pancasila

Aktivitas A2.

Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia

(Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia)

Dimensi

Berkebhinekaan Global

Elemen

Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Tujuan

Peserta didik mampu mengeksplorasi keragaman budaya di Indonesia.

Sumber

Materi tentang keragaman budaya Indonesia:

  1. Keragaman budaya di Indonesia, dan contoh budaya.
  2. Video “Keragaman Budaya Indonesia”.
  3. Kuis interaktif tebak gambar “Kekayaan Budayaku”.

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.
  3. Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.

Pelaksanaan

  1. Peserta didik bersama guru mengidentifikasi budaya yang ada di nIdonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Siapa yang tahu macam-macam budaya yang kita miliki?
    • Sebutkan apa saja budaya yang kita miliki?
  2. Peserta didik memperhatikan penjelasan materi keragaman budaya Indonesia.
  3. Peserta didik menonton video “Keragaman Budaya Indonesia”.
  4. Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
  5. Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
  6. Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan beragam budaya yang ada di Indonesia.
  7. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
  8.  
Materi Pengenalan Keragaman Budaya
Indahnya Toleransi
Keanekaragaman Indonesia
Keragaman Bedaya Indonesia
Kuis Kekayaan Budaya

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
1234
Berkebhinekaan GlobalMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaPeserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di IndonesiaPeserta didik belum mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di IndonesiaPeserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia
Peserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik belum mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik sangat mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia
Peserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik belum mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia

 

No.Rentang NilaiKriteria
1.12 — 11Sangat Berkembang (SH)
2.10 — 9Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
3.8 — 7Sedang Berkembang (SB)
4.6 — 4Mulai Berkembang (MB)

Aktivitas A3.

Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia

(Pengenalan Pakaian Adat)

Dimensi

Berkebhinekaan Global

Elemen

Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

  1. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
  2. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Tujuan

  1. Peserta didik mampu mengekplorasi pengetahuan tentang pakaian adat di Indonesia.
  2. Peserta didik mampu menunjukkan sikap toleransi terhadap pakaian adat

Sumber

Materi tentang pakaian adat di Indonesia:

  1. Pakaian adat di Indonesia.
  2. Video youtube “Pakaian Adat di Indonesia”.
  3. Kuis interaktif tebak gambar “Cantiknya Pakaian Adatku”.

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.
  3. Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik bersama guru mengeksplorasi pakaian adat yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Siapa yang suka memakai pakaian adat?
    • Pakaian adat apa yang pernah kalian pakai
    • Dari manakah asal pakaian adat yang pernah kalian pakai?
  2. Peserta didik memperhatikan penjelasan materi pakaian adat di Indonesia.
  3. Peserta didik menonton video “Pakaian Adat di Indonesia”.
  4. Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
  5. Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
  6. Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan macam-macam pakaian adat yang ada di Indonesia.
  7. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Materi Tarian Daerah
Tarian Adat dari 34 Provinsi di Indonesia
Tari Sajojo

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
1234
Berkebhinekaan GlobalMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaPeserta didik mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik belum mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan pakaian adat yang ada di Indonesia
Peserta didik mampu menebak gambar pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik belum mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik mampu menebak gambar keragaman budaya IndonesiaPeserta didik sangat mampu menebak gambar keragaman budaya Indonesia
Peserta didik mampu menyimpulkan materi pakaian adat yang ada di IndonesiaPeserta didik belum mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyimpulkan materi keragaman budaya di Indonesia
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budayaPeserta didik mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain.Peserta didik belum mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain.Peserta didik cukup mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain.Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain.Peserta didik sangat mampu menunjukkan sikap menghormati pakaian adat yang ada di Indonesia dengan tidak mencela pakaian adat dari daerah lain.

 

No.Rentang NilaiKriteria
1.16 — 14Sangat Berkembang (SH)
2.13 — 11Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
3.10 — 8Sedang Berkembang (SB)
4.7 — 4Mulai Berkembang (MB)

Aktivitas A4.

Wonderland Indonesia: Pesona Indonesia

(Pengenalan Tarian Adat)

Dimensi

Berkebhinekaan Global

Elemen

Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Tujuan

Peserta didik mampu mengenal dan mengetahui keragaman tarian Dareah di Indonesia.

Sumber

Materi tentang Tarian Daerah di Indonesia:

  1. Keragaman tarian daerah di Indonesia, dan contoh tarian daerah.
  2. Video youtube “Tarian Daerah di Indonesia”.
  3. Kuis interaktif tebak gambar “tarian daerah di indonesia”.

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.
  3. Guru menyiapkan kuis interaktif tebak gambar.

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik bersama guru mengidentifikasi tarian daerah yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Siapa yang tahu macam-macam tarian daerah yang ada di Indonesia?
    • Sebutkan tarian daerah yang ada di Indonesia dan berasal dari daerah mana?
  2. Peserta didik menonton video “tarian daerah ”.
  3. Peserta didik menebak gambar dalam kuis interaktif.
  4. Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
  5. Kesimpulan yang dibuat peserta didik menjelaskan macam macam tarian daerah yang ada di Indonesia.
  6. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Tari Wonderland Indonesia
Tari Saman
Tari Pendet Penyambutan
Tari Sajojo

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
Berkebhinekaan GlobalMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaPeserta didik mampu menyebutkan macam macam  tarian daerah di IndonesiaPeserta didik belum mampu menyebutkan macam macam tarian daerah  yang ada di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyebutkan macam macam tarian daerah  yang ada di IndonesiaPeserta didik mampu menyebutkan macam macam tarian daerah  yang ada di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan macam macam tarian daerah  yang ada di Indonesia
Peserta didik mampu menebak gambar Tarian daerah di IndonesiaPeserta didik belum mampu menebak gambar Tarian daerah di IndonesiaPeserta didik cukup mampu menebak gambar keragaman Tarian daerah di IndonesiaPeserta didik mampu menebak gambar Tarian daerah di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menebak gambar Tarian daerah di Indonesia
Peserta didik mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolahPeserta didik belum mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolahPeserta didik cukup mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolahPeserta didik mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan tarian yang ada di lingkungan rumah dan sekolah

Aktivitas B1.

Menelusuri Masalah Keragaman Budaya di Indonesia

Dimensi

  1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebhinekaan Global

Elemen

  1. Akhlak kepada manusia
  2. Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

  1. Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
  2. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Tujuan

Peserta didik mampu memahahi dan mengatasi keragaman budaya di Indonesia

Sumber

Materi tentang keragaman budaya Indonesia:

  1. Masalah Keragaman Budaya Indonesia dan Upaya Penyelesaiannya.
  2. Contoh Video “Masalah Keragaman Budaya Indonesia dan Penyelesaiannya

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik diberi pertanyaan pemantik
  2. Jelaskan pengertian tentang keragaman budaya ?
  3. Sebutkan macam-macam keragaman budaya yang ada di Indonesia?
  4. Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru mengenai materi keragaman budaya Indonesia disertai contoh kasus yang pernah terjadi dan penyelesaiannya,
  5. Guru memberikan pertanyaan pada peserta didik tentang materi yang telah disampaikan:
    • Apa dampak adanya keberagaman budaya di Indonesia?
    • Apa manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia?
  6. Peserta didik beserta guru membuat kelompok (4 anak perkelompok) untuk berdiskusi tentang contoh masalah keragaman budaya di Indonesia/ dilingkungan tempat tinggal beserta upaya penyelesaiannya
  7. Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok yang dituangkan dalam lembar refleksi
  8. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam berbagai bentuk karya
Tari Wonderland Indonesia
Tari Saman

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Sangat Berkembang (SH)
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak MuliaMengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaanPeserta didik mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman  budaya di IndonesiaPeserta didik belum mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman  budaya di IndonesiaPeserta didik cukup mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman  budaya di IndonesiaPeserta didik mampu memahami tentang kasus dan upaya penyelesaian keragaman  budaya di Indonesia
Berkebhinekaan GlobalMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaPeserta didik mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam  mengatasi keragaman  budaya yang ada di Indonesia.Peserta didik belum mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam  mengatasi keragaman  budaya yang ada di Indonesia.Peserta didik cukup mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam  mengatasi keragaman  budaya yang ada di Indonesia.Peserta didik mampu menunjukkan kasus serta upaya penyelesaiannya dalam  mengatasi keragaman  budaya yang ada di Indonesia..
Peserta didik mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik belum mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik cukup mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di IndonesiaPeserta didik mampu mempresentasikan kasus dan penyelesaiaan keragaman budaya di Indonesia

Aktivitas B2.

Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda

Dimensi

  1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebhinekaan Global

Elemen

  1. Akhlak kepada manusia
  2. Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

  1. Integritas
  2. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Tujuan

Peserta didik mampu menganalisis penyebab lunturnya budaya dalam jiwa remaja dan mampu memberikan pendapat yang dapat di realisasikan dalam menumbuhkan kembali bahkan melestarikan budaya di kalamgan remaja.

Sumber

Materi tentang (Powerpoint) Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda:

  1. Materi Analisis penyebab lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda.
  2. Video youtube “Keragaman Budaya Indonesia”

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.

PELAKSANAAN

  1. Guru memberikan pertanyaan pemantik :
    • Bagaimana kondisi remaja saat ini terhadap budaya nasional? Sangat melekat atau bahkan tidak mengetahui?
  2. Peserta didik bersama guru mencermati materi tentang lunturnya budaya nasional dalam jiwa generasi muda.
  3. Peserta didik menonton video “penyebab lunturnya budaya nasional”.
  4. Secara berkelompok (4 orang 1 kelompok) Pe secara berkelompok (4 orang 1 kelompok) serta didik secara berkelompok (1 kelompok terdiri atas 4 siswa) di minta untuk menjawab pertanyaan berikut :
    • Bagaimana kondisi umum rasa cinta budaya nasional pada remaja saat ini?
    • Gejala apa yang menunjukkanya?
    • Jelaskan penyebab terjadinya hal tersebut!
    • Bagaimana cara/upaya yang dapat kalian berikan untuk semua orang agar tidak tidak lagi terjadi lunturnya budaya nasional dalam jiwa remaja?
    • Apakah kegiatan yang nyata bisa kalian lakukan untuk melestarikan budaya nasional?
  5. Peserta didik membuat karya untuk dipresentasikan dari hasil seluruh jawabannya.
  6. Secara bergantian setiap kelompok melakukan presentasi dan tanya jawab bergantian.
  7. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
Materi Lunturnya Budaya Nasional dalam Jiwa Generasi Muda
Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia
Lunturnya Budaya Indonesia

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak MuliaIntegritasBerani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain terkait lunturnya budaya IndonesiaPeserta didik belum mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya IndonesiaPeserta didik cukup mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya IndonesiaPeserta didik mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan penyebab lunturnya budaya Indonesia
Berkebinekaan globalMenumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budayaMemahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.Peserta didik belum mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesiaPeserta didik cukup mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesiaPeserta didik mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan upaya-upaya melestarikan budaya indonesia

Aktivitas B3.

Analisis Acuhnya Generasi Muda terhadap Pakaian Adat

Dimensi

Berkebhinekaan Global

Elemen

Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Tujuan

Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat, perbedaan etika pakaian tren gaul dengan pakaian adat, dan cara melestarikan pakaian adat.

Sumber

Materi tentang analisis acuhnya generasi muda terhadap pakaian adat:

  1. Faktor penyebab tidak tertarik terhadap pakaian adat.
  2. Perbedaan “Etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat”
  3. Cara Melestarikan Pakaian Adat.

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan Video.
  3. Guru menyiapkan Materi dan LKPD

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik bersama guru menganalisis acuhnya generasi pemuda terhadap pakaian adat. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Apakah kalian pernah mengetahui dan mengenal jenis pakaian adat?
    • Apakah kalian pernah mengetahui dan mengenal jenis pakaian trend gaul yang dipakai remaja pemuda jaman sekarang?
  2. Peserta didik menyimak tayangan video tentang jenis-jenis pakaian adat &
  3. Peserta didik menyimak tayangan video tentang Pawai pakaian adat
  4. Peserta didik menyimak tayangan video tentang model pakaian trend anak muda.
  5. Peserta didik secara berkelompok menjelaskan menyebab generasi muda tidak tertarik pakaian adat.
  6. Peserta didik secara berkelompok menjelaskan perbedaan etika pakaian trend anak muda dengan pakaian gaul .
  7. Peserta didik secara berkelompok menjelaskan cara melestarikan pakaian adat
  8. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi.
Jenis-jenis Pakaian Adat Indonesia
Pawai Karnaval Baju Adat Indonesia
Model Pakaian Anak Muda

Rubrik Penilaian

DimensiSub elemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
Berkebhinekaan GlobalMengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknyaPeserta didik mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adatPeserta didik belum mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adatPeserta didik cukup mampu menyebutkan faktor penyebab tidak tertarik pakaian adatPeserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di IndonesiaPeserta didik sangat mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia
Peserta didik mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian AdatPeserta didik belum mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian AdatPeserta didik cukup mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian AdatPeserta didik  mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian AdatPeserta didik  sangat mampu menyebutkan perbedaan etika Pakaian Trend Gaul dengan Pakaian Adat
Peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adatPeserta didik belum mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adatPeserta didik cukup mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adatPeserta didik  mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adatPeserta didik  sangat mampu menjelaskan cara melestarikan pakaian adat

Aktivitas B4.

Analisis kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah

Dimensi

Kreatif

Elemen

Memiliki Keluwesan Berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Sub elemen

Memiliki Keluwesan Berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Tujuan

Peserta didik mampu menganalisis penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah dan Upaya meningkatkan minat tarian daerah.

Sumber

Materi tentang keragaman budaya Indonesia:

  1. Minat generasi muda terhadap tarian daerah.
  2. Video youtube “minat generasi muda pada tarian daerah”.
  3. LKPD analisis kurang minat tarian daerah

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.
  3. Guru menyiapkan LKPD

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik bersama guru mengidentifikasi tarian yang ada di indonesia. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Siapa yang tahu tarian daerah ?
    • Coba sebutkan tarian daerah yang kalian ketahui?
    • Kalian menyukai tarian apa?
  2. Peserta didik memperhatikan penjelasan terkait kurang minat dari tarian daerah pada generasi muda
  3. Peserta didik menganalisis penyebab kurang minat dan tidaknya terhadap tarian daerah serta upaya penyelesaiannya.
  4. Guru membagi peserta didik menjadi 7 kelompok
  5. Peserta didik berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk menemukan penyebab kurang minat dan tidaknya terhadap tarian daerah serta upaya penyelesaiannya.
  6. Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompoknya dalam presentasidengan berbagai model seperti, power point, kertas manila, atau video animasi.
  7. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  8. Peserta didik membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
  9. Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari pengalaman belajar hari ini dan menuliskan dalam lembar refleksi
  10.  
Materi Daftar Nama Tarian Beserta Daerah Asalnya
71 Tari Daerah di Indonesia dan Asalnya
Keberagaman Tarian Daerah di Indonesia
Mengenal 5 Tarian Daerah di Indonesia

Rubrik Penilaian

DimensiSubelemenIndikatorMulai Berkembang (MB)Sedang Berkembang (SB)Berkembang Sesuai Harapan (BSH)Sangat Berkembang (SH)
KreatifMemiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahanPeserta didik mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerahPeserta didik belum mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerahPeserta didik cukup mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerahPeserta didik mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerahPeserta didik sangat mampu menganlisis faktor penyebab kurangnya minat generasi muda terhadap tarian daerah
Peserta didik mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi mudaPeserta didik belum mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi mudaPeserta didik cukup mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi mudaPeserta didik mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi mudaPeserta didik sangat mampu menganalisis upaya meletarikan tarian daerah terhadap generasi muda
Peserta didik mampu menyimpulkan hasil analisisPeserta didik belum mampu menyimpulkan hasil analisisPeserta didik cukup mampu menyimpulkan hasil analisisPeserta didik mampu menyimpulkan hasil analisisPeserta didik sangat mampu menyimpulkan hasil analisis

Aktivitas C1-C3.

Membuat Poster Kebhinekaan Budaya

(Menentukan tema, Menyusun kalimat poster, dan Mendesain gambar poster)

Dimensi

Kreatif

Elemen

  1. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
  2. Mengenal dan menghargai budaya

Sub elemen

  1. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
  2. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Tujuan

Peserta didik mampu menentukan tema, menyusun kalimat, dan mendesign gambar poster

Sumber

Materi tentang mendesign gambar poster

  1. Cara menentukan tema poster
  2. Cara menyusun kalimat untuk pembuatan poster
  3. Cara untuk mendesign gambar poster

Persiapan

  1. Guru menyiapkan materi.
  2. Guru menyiapkan video.
  3. Guru menyiapkan LK untuk membuat rancangan design poster yang akan dibuat pada aplikasi canva

PELAKSANAAN

  1. Peserta didik Bersama guru membentuk kelompok masing-masing kelompok terdiri atas 2 siswa. Guru memberikan pertanyaan pemantik:
    • Siapa yang tau apa itu poster?
    • Apakah manfaat ditempelkanya poster?
    • Dimanakah biasanya poster ditempelkan?
  2. Peserta didik menyimak materi tentang pengertian, tujuan, ciri dan syarat poster. ( Pengertian Poster dan Contohnya – YouTube )
  3. Berdiskusi bersama anggota satu kelompoknya untuk sepakat menentukan tema poster yang akan dibuat, kalimat, gambar dan konsep yang akan dituangkan dalam poster. (hasil diskusi tertulis).
  4. Selanjutnya dikonfirmasikan ke guru pembimbing (hasil bimbingan diskusi).
Pendahuluan Materi Poster
Menghargai Perbendaan

Kriteria Penilaian

DimensiSub elemenIndikatorBelum Memadai Sudah  Memadai
KreatifMenghasilkan karya dan tindakan yang orisinalPeserta didik mampu menentukan tema poster sesuai dengan topik keragaman budaya  
Peserta didik mampu menyusun kalimat poster sesuai dengan topik atau konsep  
Peserta didik mampu menggunakan bahasa yang menarik  
Peserta didik mampu merancang desain poster yang pesannya mudah ditangkap oleh pembaca  

Keterangan: Peserta didik dianggap telah mencapai tujuan pembelajaran apabila telah menguasai dua dari empat kriteria dengan tepat.